Gerhana Matahari TOTAL di Anyer

25 Januari 2009 pukul 10:11 AM | Ditulis dalam 1 | Tinggalkan komentar
Gerhana Matahari

Gerhana Matahari

Gerhana Matahari Jakarta – Bagi Anda yang ingin menyaksikan gerhana matahari cincin penuh, harus berusaha lebih keras lagi. Gerhana itu tidak bisa disaksikan di sembarang tempat.

“Kalau ingin lihat gerhana yang penuh, hanya bisa di Anyer,” ujar Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Tri Kaloka kepada detikcom, Minggu (25/1/2009).

Menurut Tri, di tempat lain posisinya tidak sesuai dengan lintasan gerhana tersebut. Hanya di Anyer dan beberapa titik di Lampung, cincin penuh bisa terlihat.
“Tim dari LAPAN, saat ini sudah berangkat ke Anyer. Kalau dari Jakarta atau Bandung paling cuman bisa lihat setengahnya, seperti gerhana biasa saja,” jelasnya.

Namun, LAPAN juga tetap membuka akses masyarakat untuk menyaksikan fenomena alam ini di Tanjungsari, Sumedang dan Laboratorium Observasi Bosscha, Bandung. “Silahkan saja, tim kita juga ada di sana,” imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, gerhana matahari cincin ini akan terjadi Senin (26/1/2009) besok. Tepatnya sekitar pukul 15.00-16.00 WIB selama 6 menit .

Fenomena ini terjadi, karena pada saat itu matahari tertutup bulan yang sedang berada lebih jauh dari jarak rata-rata. Sehingga bagian dari matahari yang tidak tertutup oleh Bulan membentuk cincin cahaya. Gerhana matahari ini akan terjadi pada sudut 5 derajat sebelum matahari terbenam.

About these ads

Tinggalkan sebuah Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: