Mau Punya Mobil Murah ?, Buatan Anak Negeri, Harga 24-30 Juta, Ada Kok, Namanya Arina, Launcing Bulan Mei

3 April 2009 pukul 4:36 PM | Ditulis dalam 1 | 31 Komentar

Mobil Arina-SMK dirancang menggunakan mesin sepeda motor dengan kapasitas mesin 150 cc, 200 cc, dan 250 cc.

Arina

Arina

Selangkah lagi, bangsa Indonesia akan memproduksi microcar alias mobil mikro yang 100 persen buatan dalam negeri. Tak tanggung-tanggung, siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kemungkinan besar akan dilibatkan dalam proyek tersebut.

”Kami sedang menjajaki kerja sama dengan Armada Indonesia (Arina), nama mobil itu nantinya Arina-SMK. Sekarang masih dalam tahap prototipe, Mei 2009 nanti mungkin sudah bisa diluncurkan,” ujar Direktur Pembinaan SMK Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) Joko Sutrisno, Rabu (5/11).

Arina Yellow

Arina Yellow

Menurut Joko, siswa-siswa SMK akan dilibatkan dalam proses merakit dan memproduksi suku cadang berdasarkan prototipe yang ada. Proyek pertama, lanjut dia, akan melibatkan SMK Negeri 1 Semarang. ”Selanjutnya akan melibatkan minimal satu SMK di satu provinsi,” jelasnya.

Joko mengungkapkan, mobil Arina-SMK dirancang menggunakan mesin sepeda motor dengan kapasitas mesin 150 cc, 200 cc, dan 250 cc. Modifikasi dibuat menarik, dengan stir bundar, bukan stang sepeda motor. ”Sedang mesin berada di luar kabin, tak menyatu dengan tempat pengemudi,” cetusnya.

Arina Red

Arina Red

Lebih jauh Joko menyatakan, dengan ukuran mungil, microcar dapat melaju di jalan dan gang yang sempit. Ia hanya butuh garasi kecil, dengan dimensi (panjang, lebar, tinggi) 2.753 x 1.325 x 1.708 mm. ”Ini dapat dijadikan sebagai kendaraan personil dan sudah tidak kehujanan dan tak kena sengatan panas matahari, mungkin nanti harganya berkisar Rp 24 jutaan,” tegasnya.

Sementara, Widya Aryadi MT, dosen jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang, sekaligus Kepala Laboratorium Disain Teknologi Tepat Guna, sebagai pencipta mobil Arina ini, menyatakan, ide awal mobil tersebut berawal saat fenomena kendaraan roda tiga (three wheeler motor bike) semakin tinggi. ”Sedang kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan niaga beroda tiga juga cukup tinggi,” ujarnya.

Menurut Widya, di satu sisi, kendaraan jenis ini bisa mengisi kekosongan, yang selama ini tak dapat dilakukan pick-up pada medan dengan jalan sempit. ”Mobil Arina ini, juga bisa dijadikan sarana pengangkutan barang di bawah 600 kg,” cetusnya.

Widya mengaku, bersama mahasiswa Teknik Mesin yang tergabung dalam kelompok creativity and research club (CRC), terciptalah microcar yang sama sekali berbeda dengan produk sejenis dari India, Cina, Eropa, dan Amerika Serikat (AS).

Penumpang, tampaknya tak perlu khawatir kesakitan saat mobil ini melaju di jalan yang tak rata. Teknologi shock breaker membuat respons ban dengan ukuran 3.50-10 lebih nyaman dilengkapi rem cakram. ”Sedang suku cadang juga mudah ditemukan di pasaran, karena 100 persen buatan Indonesia,” jamin Widya.

Mobil Arina sendiri sudah resmi didaftarkan di Depkumham RI untuk digunakan sebagai mobil mikro di pasar Indonesia. ”Dengan tegaknya industri otomotif yang dimiliki 100 persen bangsa Indonesia sendiri, akan membantu menyerap tenaga kerja dari industri komponen otomotif dan industri karoseri dalam negeri,” jelas Widya.

Microcar dapat didefinisikan sebagai mobil yang ukurannya sangat kecil, yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai an extremely small size automobile. Selain itu, beberapa definisi dapat juga digunakan termasuk definisi yang menyebutkan ukuran, semisal ‘kendaraan yang panjangnya kurang dari tiga meter’ atau ‘kendaraan yang volume ruangnya kurang dari 2.400 liter’. Umumnya, meskipun bukan suatu keharusan, tempat duduk micocar hanya untuk dua orang, termasuk pengemudi, dan beberapa di antaranya menggunakan roda hanya tiga buah, meski dari sisi keamanan, empat roda lebih baik.

Alasan utama pembuatan microcar adalah untuk tujuan ekonomis dan efisiensi. Baik karena alasan harga peralatan dan teknologi yang diaplikasikan, yang mempengaruhi harga jual, maupun alasan mahalnya bahan bakar. Dengan konsumsi bahan bakar setara 40 km per liter, microcar merupakan alasan terbaik mengatasi mahalnya biaya operasional, termasuk biaya perawatan.

Sebelumnya, Indonesia juga masih mengembangkan Mobil GEA dari produk INKA Madiun. Mobil ini sedang dalam proses dikembangkan oleh para ahli di Indonesia menjadi the city car. GEA baru hadir dengan mesin 500 cc buatan lokal dengan body buatan INKA.

Dr Nyoman Jujur, selaku koordinator RUSNAS Enggine (Riset Unggulan Strategis Nasional) dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengakui mobil GEA yang saat ini menggunakan mesin berkapasitas 650 cc buatan Cina akan mengalami perubahan. Pihak BPPT-pun sudah berkordinasi dengan PT INKA.

Saat ini, body mobil GEA tetap menggunakan produk PT INKA, namun mesin dibuat oleh sebuah sebuah industri lokal yaitu PT VEGA yang berlokasi di Tegal, Jawa Tengah. Dana yang didapatkan untuk membuat mesin tersebut berasal dari Kementerian Riset dan Teknologi.

Mobil-mobil ‘mini’ yang sedang dirintis di Indonesia ini kemungkinan akan bersaing dengan perusahaan otomotif Tata Motors India yang 10 Januari lalu meluncurkan mobil merk Nano. Mobil itu didesain untuk empat penumpang bermesin 625 cc. Bahan bakar Nano termasuk irit, yakni satu liter untuk 20 km. Nano akan dilempar ke pasar dengan model orisinal dan dua varian deluxe. Versi deluxe itu dilengkapi AC dan aksesoris lain. Dengan harga dasar 2.500 dolar AS (Rp 22,5 juta).

Sementara itu, jauh-jauh hari perusahaan otomotis AS, Ford, menyatakan akan mendesain mobil mungil di India, sementara Nissan Motor bersama Renault akan meluncurkan mobil seharga 3.000 dolar AS. Tak mau ketinggalan Volkswagen, Toyota, Honda, dan Fiat juga mulai tertarik memproduksi mobil mungil karena permintaan pasar untuk jenis ini terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi. (REPUBLIKA, 7 November 2008/ humasristek)

About these ads

31 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

  1. Foto Arina yang bener yg mana neh? Ada tiga foto, tapi yang ke-3 koq juelek. Kalo arina bener seperti di foto no.1 dan 2, pasti laku tuh. Tapi kalo seperti yang no.3, saya ragu. Bisa2 nasibnya sama dengan ‘si kancil’.

    Menurut saya klo mo laku di pasaran, bentuk dan desain dibuat semenarik mungkin. Yang aerodinamis gitu lho.. No. 1 dan 2, itu kesannya biar kecil tapi futuristik. Klo yang no.3 kesannya masih kaku dan kuno. Jangan mentang2 murah bikinnya asal jadi..

    Bay de way…okelah udah bagus ada semangat mo bikin mobnas. Tapi bikin yang bagus kan bisa…kenapa tidak?

  2. hidup indonesia, sekarang waktunya indonesia jadi produsen jangan hanya konsumen

  3. mobil kebanggaan bangsa indonesia “arina”

  4. pesen 1

  5. jalan2 kepuncak kira2 kuat ngga ya…?

  6. boleh tuh di coba, beli duluan yah, tar kasih tau aku kalo kuat hehehe .. :)

  7. Mobil arena..?
    kok yg dipajang N0: 1 & 2, itu jelas2 mobil TATA asal india.

  8. Kapan atuh bisa onthe road

  9. saya mau beli satu mobil mini gambar no.1
    utk dibali.cara pesennya gimana?
    tlg kasi info complit.
    trims

  10. oke banget tuch…
    baru ngeliat gambarnya doank gue dah langsung suka..
    klo bisa segera doooo…nk
    kita anak bangsa indonesia hrs bangga pake produc anak bangsa
    biar negara kita bs maju,buat apa menjung2 produc bangsa lain.
    kt akan 1000X lbih miskin bila gunakan produc bangsa lain.
    kata nenek moyang guE getOoooo…..

  11. by the way klu utk BALI dealernya dimana?
    kasi alamat yang jelas dunk…
    thank before

  12. Saat ini belum ada untuk bali, Akan launcing di PRJ, iklannya ada di televisi mulai tanggal 13 mei 2009

  13. wah…. kalo bisa tuh, modelnya diganti yang lebih bagus lagi….

    hmmm bener…bener….. yang No 1&2 itu mobil Tata dari India…. kalo yang buatan INA sih foto no. 3…..

    kalo bisa ni, modelnya bikin lebih bagus lagi… spionnya… kayak spion bajaj tuh(jelek amat)….. trus joknya diganti lagi yang lebih bagus….

    di jamin banyak peminatnya….!!!!!!!

    indonesia harus bangkit!!!!!! jangan hanya melongo aja!!!!!
    (kok jadi kayak demo gini ya?? ) huhu…

    segitu aja terima kasih

  14. terima kasih :)

  15. foto yang ada seorang bapak2,jelas beda ama yang 2 foto di atas…tanya kenapa?..
    masa sich Indonesia mbuat yang agak menarik nggak bisa?
    tapi saya salut dengan semangat indonesia untuk maju..

  16. Itu foto ke satu dan dua mobil Tata Nano (buatan India), yang ke tiga baru Arina.. kok ngaku-ngaku sih…

  17. :) maaf kan manusia bisa salah hehehe .. :)~

  18. bagus buat pulang ke bogor biar ga ke hujanan lagi

  19. Sebenernya sudah terlalu lama Indonesia merealisasikan kemampuannya.
    Tenaga ahli ada, bahan baku ada, semuanya ada deh!
    Tetapi Niat dan kemauan Negara kita ini yang tidak ada, para pejabat berwenang ada yang masih senang terima amplop dari manufacture yg terkenal dari pada merintis punya sendiri.

    Saya berharap Mobil karya bangsa ni bisa terrealisasi segera, Mohon agar kwalitas tetap harus diperhatikan. Karena Warga negara ini tidak hannya ingin murah tetapi berkwalitas, handal.

    Semoga Sukses Buat karya anak NEGERI, Hidup INDONESIA…..!

  20. Salam kenal, kami Asosiasi Pengusaha Bioethanol Indonesia (Skala UKM) pada saat ini bergiat dalam sosialisasi pemanfaatan Bioethanol sebagai bahan bakar nabati, pengganti minyak tanah, setelah membaca ulasan tentang Mobil Arina, apakah mungkin dapat diupayakan untuk dapat menggunakan bahan bakar Bioethanol, diharapkan program Desa Energi Mandiri dapat terwujud dalam rangka mewujudkan ketahanan energi secara nasional, kami mengundang anda untuk dapat berkunjung dan berdiskusi tentang pemanfaatan Bioethanol pada milis apbi@yahoogroups.com
    Terima kasih, hormat saya amritsjar hasaruddin 021 28784848

  21. Dmana aku bs melihat dealer mobil ini

  22. mobnas??? wah asyik tuh! apalai kalo hargana terjangkau d kantong. tapi walaupun murah desaignna jgn asal dong! masak cuma kotak kaya kotak sabun gitu? kalo bisa dibikin yg cantik biar makin banyak yg tertarik! trz mo launching kpn tooowwww??? katana mei ’09, tapi ampe skr agustus ’09 blm ada tanda2 mo dilaunching? jelasna jadi pa ndak tow? pokokna bravo indonesia, bravo anak bangsa….merdeka!!!

  23. Coba deh di liat lebih teliti. gambar 1 dan 2 kan ada logo di depannya. itu kan logo mobil Tata Nano. kalo yang gambar 3 itu kayaknya baru yang asli mobil arina. wah tampaknya kalo ngeliat modelnya kayak gitu langsung ciut deh… kecuali kalo nantinya ada perubahan desainnya. kecil dan futuristik. itu yang di minta. ok met berkreasi aja deh. saya dukung sepenuhnya….

  24. besok saya pesen 1 arina yellow….kapan launchingnya…

  25. akhirnya!
    semoga ini menjadi titik balik bangsa indonesia!
    jangan mau jadi konsumen terus!
    seandainya mobil buatan indonesia yang bagus bnr2 ada, pasti aku lebih memilih beli mobil buatan indonesia!
    merdeka!

  26. Sorum di semarang alamatna dimana?????
    Sya ingin lihat????
    Tolong dibalas siapa taw sya tertarik langsung beli.
    Sya cari info peluncurana mobil arina dikeluarkan kapan???

  27. selamat pagi,
    saya ingin menanyakan mengenai masalah pemesanannya bagaimana ya?

    mungkin ada tempat-tempat atau nmr tlp tertentu yg dpt saya hubungi?

  28. coba kasih yang lengkap picturenya…, jangan2 nanti beli kucng dalam karung bro…

  29. dealer yang menjual arina di bandung dimana yaaaaaaaaa????

    TOLONG DIBALAS CEPAT

  30. Waduh tertarik niech.. dengan mobnas, kapan launching di kota Bogor ??

  31. kalo sudah bisa bikin mobil jangan suka ngomong dooongggg…..dan nampilin foto azaaaa…..kalau punya jiwa sejati….luncurin aza jangan ragu-ragu…..saya siap untuk jadi dealernya……jangan takut saya yakin masyarakat mau jika murah, desain menarik, kualitas bagus, pokoke jangan takut dech…mobil china atau motornya yang cepet rusak pun pada laku….hubungi saya di 081213278668…kalau masih ragu..saya siap jadi pres.komisarisnya…
    salam sukses-interlife university
    jl.ir.h.juanda no. 50 perkantoran ciputat indah permai jakarta selatan 15419 telp 021-32022764


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: