Karpet Nabi Muhammad Terjual 65

20 Maret 2009 pukul 10:02 PM | Ditulis dalam 1 | Tinggalkan komentar

Doha – Sebuah karpet buatan India yang awalnya akan digunakan untuk menghias makam Nabi Muhammad SAW di Madinah, terjual US$ 5,5 juta atau lebih dari Rp 65 miliar. Karpet itu terjual dalam sebuah lelang di balai Sotheby’s, Doha, Qatar.

Wajar saja jika karpet ini berukuran 5 kaki 8 inci x 8 kaki 8 inci ini terjual dengan harga mahal. Pasalnya, benda bernama Karpet Mutiara dari Baroda (Pearl Carpet of Baroda) ini bukan hanya bernilai sejarah tinggi, tapi juga karena ditaburi mutiara yang menghiasnya.

Sekitar dua juta batu mutiara dari perairan Teluk Persia, seperti dilansir Bloomberg, digunakan untuk menghias karpet berusia 150 tahun ini. Selain itu, karpet ini juga dihiasi ratusan intan, safir, rubi, dan jamrud.

Karpet ini merupakan hadiah dari Maharaja Baroda asal India untuk dipasang di makam Nabi Muhammad. Sayangnya, saat itu karpet tersebut tidak sempat dibawa ke Arab Saudi karena sang raja meninggal lebih dulu, sehingga hanya disimpan keluarga kerajaan.

Dalam sejumlah pameran di berbagai negara, karpet ini sempat ditampilkan. Di antaranya, di Delhi Exhibition pada 1902, yang selanjutnya disimpan di Monaco. Pada 1985, karpet itu juga dipamerkan di New York.

Balai lelang Sotheby’s, sebenarnya berharap karpet tersebut dapat terjual minimal US$ 20 juta. Namun, tertinggi berhenti pada angka US$ 5,5 juta. Termasuk untuk komisi dan biaya lelang. Namun, Shoteby’s belum bersedia menyebutkan pemenang lelang tersebut.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: