“SBY sulit pilih Hidayat”

25 Maret 2009 pukul 5:34 PM | Ditulis dalam 1 | Tinggalkan komentar

Jakarta – Meski belum tentu berpisah dengan JK, namun SBY dan Partai Demokrat sudah mulai menggadang-gadang cawapres untuk Pilpres 2009. Salah satu nama yang mencuat adalah mantan Presiden PKS Hidayat Nur Wahid. Namun, SBY diprediksi akan sulit menerima Hidayat sebagai pengganti JK.

“Sebab bila SBY menerima Hidayat, terkesan SBY mendekat ke wilayah Islam. Bila seperti itu maka bandul pemerintahan SBY ke depan kian bergerak ke arah kanan yang lebih Islamis,” ujar peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanudin Muhtadi kepada INILAH.COM di Jakarta, Rabu (25/3).

Menurut Burhanuddin, SBY akan lebih memilih orang-orang yang berlatar belakang ideologi nasionalis seperti dengan JK pada Pilpres 2009. Untuk itulah, SBY akan sulit memilih Hidayat sebagai cawapresnya karena berlatar belakang Islamis.

“Yang perlu dikritisi, SBY jangan terlalu gegabah dalam memutuskan untuk segera berkoalisi dengan PKS meski PKS tampaknya sudah bulat mendukung SBY,” katanya.

Ia menjelaskan, bila SBY menerima pinangan PKS yang akan menduetkan SBY-Hidayat, maka akan cukup bahaya bagi pemerintahan SBY jika terpilih dalam Pilpres 2009. Sebab, kelompok Islamis yang akan ikut koalisi akan bertambah seperti PBB, PPP, PAN yang banyak melakukan permintaan.

“Kalau hanya sekadar power sharing parpol akan dapat berapa menteri di kabinet tak ada masalah. Tapi yang bahaya jika kelompok Islam itu nantinya menuntut terlalu banyak untuk agenda negara yang pro-Islam,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: