PKS Diterpa Politik Belah Bambu?

8 April 2009 pukul 2:47 PM | Ditulis dalam 1 | 1 Komentar

“Kalau suara PKS nanti di bawah suara 2004, maka aspirasi kaum keadilan akan mengambil alih kepengurusan partai. Dan kegagalan proyek faksi kesejahteraan itulah yang tengah ditunggu-tunggu oleh kaum keadilan yang merasa kaum kesejahteraan saat ini lebih menguasai PKS,” demikian Burhanuddin Muhtadi, Peneliti Lembaga Survei Indonesia.

Saya kira Burhanuddin Muhtadi terlalu sok tahu tentang persoalan internal PKS. Tidak ada faksi-faksian di PKS. Saya kira wacana faksi keadilan dan faksi kesejahteraan itu juga muncul dari pemikiran Burhanuddin Muhtadi sendiri. Jelas ini suatu bentuk kedangkalan memandang suatu persoalan.

Kalau Burhanuddin Muhtadi melihat perbedaan cara pandang elite partai selama ini dalam menyikapi persoalan bangsa, saya kira itu wajar dan memang harus berbeda. Makanya orang-orang yang berbeda pendapat itu berkumpul membentuk partai. Kalau semua pemikiran dalam suatu kelompok sama, maka tidak ada gunanya kelompok tersebut.

Lebih lanjut Burhanuddin Muhtadi mengatakan faksi keadilan, katanya, hingga saat ini masih memimpikan terbentuknya Indonesia menjadi negara Islam. “Tapi yang jadi masalahnya, saat ini aspirasi itu tidak bisa dilakukan karena kaum kesejahteraan lebih mendominasi dan menginginkan PKS menjadi partai yang lebih terbuka,” katanya.

Untuk itulah, saat ini kaum keadilan di PKS akan menjadikan pemilu legislatif ini menjadi ujian untuk kaum kesejahteraan yang cenderung lebih pragmatis. “Kalau kaum kesejahteraan gagal, maka mereka akan disingkirkan dari tubuh PKS dan mengembalikan PKS seperti dulu sewaktu masih menjadi Partai Keadilan (PK),” jelasnya.

Saya kira pendapat Burhanuddin Muhtadi ini tidak ada referensinya sama sekali selain hanya sekedar analisa dangkal semata. Bahkan ini saya kira bisa jadi suatu upaya-upaya untuk memecah belah PKS. Hal ini bisa saja terjadi melihat bahwa PKS memang partai yang solid selama ini dan banyak cara dilakukan oleh musuh-musuh PKS untuk memecah belah kesolidan tersebut. Ini harus di waspadai.

Iqbal Anas, direkturb@gmail.com

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Saya kira apa yg dikatakan Burhanuddin Muhtadi tersebut benar adanya, banyak kader yang memang belum mengetahuinya
    Saatnya faksi keadilan mengambil alih PKS dan kembali ke akar PKS yg sebenarnya, insya allah!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: