PKS Kembali Kuasai ASIA TENGAH

11 April 2009 pukul 12:37 PM | Ditulis dalam 1 | Tinggalkan komentar

Cuaca sangat cerah dengan lagit biru tanpa awan ketika Pemilu pada pagi 9 April 2009 di dilaksanakan di KBRI Tashkent, Ibu Kota Uzbekistan.

Ada 4 negara di Asia Tengah yang berada di bawah akreditasi KBRI Tashkent yaitu Uzbekistan, Kazakhstan, Kyrgystan, dan Tajikistan yang merupakan negara-negara pecahan Uni Soviet yang telah merdeka sejak 1991.

Jumlah penduduk Uzbekistan sekitar 27 Juta jiwa, Kazahstan 2.5 juta jiwa, Kyrgystan 2 juta jiwa, dan Tajikistan 2.5 juta jiwa. Potensi ekonomi wilayah ini cukup tinggi karena kaya gas alam, produk cotton dan lain-lain.

Menurut Fauzy Ammari (WGTT), lokasi pemilu langsung berada di Tashkent sebagai ibukota Uzbekistan denagan jumlah WNI 61 orang termasuk keturunan Uzbek yang memilih menjadi WNI, 20 orang di Kazakhstan, dan 7 orang Kyrgystan. WNI pekerja profesional ada 27 orang dan mahasiswa ada 2 orang.

Peralatan pemilu termasuk kotak penampung surat suara dibuat sendiri mengikuti arahan KPU pusat. Pelaksanaan pemilu dimulai pada pukul 9 sampe 12:00, pencontrengan di halaman gedung KBRI diawali oleh Dubes KBRI Tashkent, Bp. Syahril Sabaruddin kemudian dilanjutkan oleh pemilih lainnya, dan berakhir pada pukul 12:00. Kemudian penghitungan suara baru dilakukan pada pukul 12:15.

Dari hasil perhitungan langsung (bukan yang lewat pos), PKS menduduki tempat teratas dengan perolehan 16 suara (34%), PD 7 suara (15%), Golkar, PDS, Gerindra masing-masing 4 suara (8.5%) dan sisanya dimenangkan oleh partai lainnya. Hanya satu surat suara yang dinyatakan tidak sah. Para peserta pemilu bersama keluarga juga mendapat suguhan nasi uduk dan kue-kue Indonesia yang sudah terhidang rapi sebelum acara pemilu dimulai.

Zamkofa Anwar, zamkofa@gmail.com

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: