Dua Opsi PKS Untuk SBY

17 April 2009 pukul 10:29 AM | Ditulis dalam 1 | Tinggalkan komentar

Ust Mahfudz

Ust Mahfudz

Jakarta – Sebagai satu-satunya partai yang sejak kampanye Pemilu 2009 merapat ke Demokrat, PKS merasa punya daya tawar yang tinggi terhadap SBY. Karena itu, PKS kini memberikan dua pilihan kepada SBY terkait dengan figur cawapres. Apa saja isinya?

“Kalau PKS tetap berkoalisi dengan Demokrat, maka kita punya opsi untuk SBY. Pertama SBY harus mengambil calon wakil presidennya dari internal Demokrat sendiri. Atau kedua, SBY mengambil dari kalangan non-partai,” kata Ketua DPP PKS Mahfud Shiddiq kepada INILAH.COM di Jakarta, Jumat (17/4).

Mahfud menjelaskan, hal itu perlu dilakukan SBY pada pemerintahan 2009-2014 mendatang, guna memperkuat sistem presidensial yang dianut Indonesia. “Selain itu juga untuk menghindari conflict of interest antara presiden dan wakil presiden pada pemerintahan ke depan,” ujarnya.

Kedua opsi itu, sambungnya, telah disampaikan PKS kepada SBY beberapa hari yang lalu. Saat mendengar opsi tersebut terlihat SBY akan mempertimbangkannya secara serius. “Sejauh ini kita melihat SBY mempertimbangkannya dengan serius. Ya mudah-mudahan saja SBY menerimanya,” ucap Mahfud.

Menurutnya, bila ternyata nantinya SBY menolak dua opsi untuk wapres SBY itu, maka PKS akan mempertimbangkan ulang untuk berkoalisi dengan Demokrat. “Keputusannya nanti akan diambil pada Musyawarah Majelis Syuro PKS. Kalau ada sinyal positif maka kita akan berkoalisi,” ungkapnya.

Mahfud memaparkan, Musyawarah Majelis Syuro PKS yang akan dilaksanakan pada 25 April mendatang akan membahas tiga agenda. Pertama, akan ada evaluasi terhadap hasil pemilu legislatif dan pembahasan terkait capaian-capaian yang sudah dilakukan PKS. Kedua, menyusun kebijakan soal koalisi pilpres, dan ketiga menyiapkan rancangan untuk Munas PKS setelah Pilpres 2009

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: