Adhyaksa Berpeluang Besar Lolos ke DPR

5 Mei 2009 pukul 5:52 PM | Ditulis dalam 1 | Tinggalkan komentar

Adhyaksa yang merupakan caleg PKS nomor urut satu di daerah pemilihan Sulteng sendiri memperoleh suara paling besar dari semua caleg.

Palu (ANTARA News) – Menteri Negara Pemuda dan Olahraga dan juga caleg yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtara (PKS), Dr Adhyaksa Dault SH MSi, berpeluang besar menuju kursi DPR, setelah partai pengusungnya di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) meraih suara signifikan pada Pemilu Legislatif 2009.

Berdasarkan hasil pleno penghitungan suara manual yang dilakukan KPU Provinsi dan berakhir Minggu, PKS merebut posisi tiga besar setelah Partai Golkar dan Partai Demokrat untuk pemilihan anggota DPR, dengan meraih 113.760 suara dari 1.199.830 suara sah yang dihitung asal 10 kabupaten dan kota.

Adhyaksa yang merupakan caleg PKS nomor urut satu di daerah pemilihan Sulteng sendiri memperoleh suara paling besar dari semua caleg yang diajukan 37 parpol peserta pemilu di daerah itu, dengan meraih lebih 70.000 suara.

Suara raihan Menteri Adhyaksa yang kelahiran Donggala, Sulteng, bersaing dengan caleg Muhiddin Said SE MBA (Partai Golkar) dan caleg dr Verna Gledis Ingkiriwang (Partai Demokrat) yang mantan runner-up Putri Indonesia 2008.

Koordinator Adhyaksa Center, Syarifuddin, kepada ANTARA di Palu sebelumnya sudah memprediksikan kalau mantan Ketua Umum KNPI itu bakal lolos ke Senayan.

Itu dikatakannya setelah dirinya memperoleh laporan dari banyak saksi PKS di tempat-tempat pemungutan suara sehari setelah pemungutan suara pada 9 April lalu kalau perolehan suara Adhyaksa di Kota Palu, Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Parigi-Moutong sangat dominan dibanding caleg DPR lainnya.

“Tapi ini (hasil pleno KPU Sulteng) baru tahap awal dan kita masih menunggu hasil pleno penghitungan suara secara nasional dan penetapan kursi DPR oleh KPU Pusat pada pertengahan Mei mendatang. Mudah-mudahan hasil suara tersebut tidak lagi berubah,” tuturnya berharap.

Sementara itu, berdasarkan hasil pleno KPU Sulteng, total suara sah yang masuk untuk pemilihan anggota DPR sebanyak 1.199.830 tersebar pada 37 parpol dan puluhan caleg DPR.

Namun bila dihitung hasil suara yang diperoleh sembilan parpol yang lolos ambang batas “parliamentary threshold” sebesar 2,5 persen, maka suara sah yang terhitung hanya 851.491.

Dengan demikian BPP untuk pemilihan caleg DPR dari daerah pemilihan Sulteng dengan enam jatah kursi hanya sebanyak 141.915 suara/kursi.

Partai Golkar sendiri yang meraih total 221.591 suara dipastikan sudah berhasil merebut satu kursi penuh untuk DPR dari Dapil Sulteng, disusul Partai Demokrat yang memperoleh 213.637 suara dengan satu kursi penuh.

Untuk kursi ketiga dipastikan direbut PKS (Adhyaksa Dault), kursi keempat besar kemungkinan diberikan untuk sisa suara Partai Golkar (79.676), kursi ke lima Partai Hanura yang merebut 77.230 suara, serta kursi keenam antara sisa suara Partai Demokrat (71.722) atau PDI Perjuangan yang meraih 70.606 suara

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: