PKS: Koalisi Banyak Parpol Rumit

6 Mei 2009 pukul 5:15 PM | Ditulis dalam 1 | Tinggalkan komentar

INILAH.COM, Jakarta – Partner koalisi Partai Demokrat yang bergabung mendukung SBY menjadi capres membengkak. Walau tidak mempermasalahkan bergabungnya PAN dan PPP, namun PKS menilai koalisi ini bakal rumit.

“Semakin banyak parpol yang ikut koalisi, memang lebih rumit mengelolanya. Dengan bergabungnya PAN dan PPP, itu jadi sudah lebih dari cukup,” kata Wasekjen PKS Fachri Hamzah kepada INILAH.COM di Jakarta, Rabu (6/5).

Meski rumit, Fachri menilai jumlah parpol bukan merupakan sesuatu yang penting dalam koalisi. Yang terpenting adalah komitmen dari setiap peserta koalisi. Jangan sampai ada lagi parpol yang berkoalisi dengan pemerintah tetapi sesekali menjadi oposisi seperti yang terjadi pada koalisi 2004.

“Jadi yang terpenting itu bukan berapa jumlah parpol yang ikut berkoalisi, tapi bagaimana menjaga soliditas koalisi untuk memperkuat pemerintahan di parlemen dan di kabinet,” jelasnya.

Soal pembagian kekuasaan, Fachri menyatakan, PKS tidak akan mengatur SBY untuk menggunakan hak prerogatifnya menentukan siapa menteri-menterinya.

“Semua itu harus dikembalikan kepada undang-undang. Jadi tidak boleh membuat aturan baru dalam koalisi yang melanggar undang-undang. Itu akan menyebabkan semuanya dengan sendiri batal demi hukum,” tukasnya.

Saat ini Partai Demokrat sudah berhasil mengumpulkan 4 parpol yang lolos ke Senayan untuk berkoalisi mendukung SBY pada Pilpres 2009, yakni PKB, PKS, PAN dan PPP. Bila perolehan suara kelima parpol itu digabung, maka mencapai sekitar 45%. Angka yang sebenarnya masih kurang untuk mewujudkan koalisi yang kuat di parlemen.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: