Ambulan Terpanjang di Dunia

22 Mei 2009 pukul 6:46 PM | Ditulis dalam 1 | Tinggalkan komentar

Ambulan Terpanjang di Dunia

Dubai, negara kosmopolitan di jazirah Arab, sudah memiliki gedung tertinggi, apartemen tertinggi dan aquarium terbesar di seluruh dunia. Kali ini, Dubai lagi-lagi bikin sensasi dengan memiliki ambulan terpanjang di dunia.

Kepala Dubai Ambulance Center (DAC), Khalifa bin Darri, panjang ambulan itu sekitar 18 meter dan bisa membawa 44 pasien sekaligus. Ambulan terpanjang itu, dilengkapi dengan tempat pendaratan helikopter di bagian atapnya termasuk fasilitas satelit dan internet untuk para dokter yang bertugas.

Selain itu, terdapat ruang-ruang operasi, ruang perawatan intensif (ICU), ruang radiografi dan apotik yang saling terintegrasi. Pendek kata, ambulan terpanjang itu sudah mirip rumah sakit berjalan. “Ambulan ini akan menjadi rumah sakit berjalan yang akan dikerahkan jika terjadi kecelakaan dan operasi penyelamatan dengan jumlah korban yang banyak, sehingga para korban bisa langsung mendapatkan perawatan sebelum dipindahkan ke rumah sakit,” papar Darri.

Ambulan yang didisain oleh orang Dubai sendiri itu, diharapkan sudah bisa dioperasikan dalam tiga bulan ini. Menurut Darri, mereka sengaja membuat ambulan super besar itu karena tingkat kecelakaan lalu lintas di Uni Emirat Aran terbilang cukup tinggi. Kecelakaan paling buruk terjadi tahun 2008 lalu yang melibatkan lebih dari 200 mobil dalam tabrakan beruntun.

“Kami butuh ambulan yang bisa membawa pasien sebanyak mungkin dan memberikan perawatan secepat mungkin. Oleh sebab itu, satu tim dari Emirat mendisain ambulan ini dan mengirimnya ke sebuah perusahaan otomotif Jerman untuk pembuatannya,” ujar Darri.

“Ambulan ini merupakan lompatan besar dari sejarah pelayanan ambulan. Ini bukan sekedar ambulan biasa yang digunakan untuk membawa pasien, tapi ambulan yang memberikan layanan medis yang lengkap sehingga korban mungkin tidak perlu ke rumah sakit lagi setelah menjalani perawatan di ambulan ini,” sambung Darri, yang menilai bahwa ambulan terpanjang itu lebih efektif dari sisi waktu dan biaya jika dibandingkan menggunakan ambulan-ambulan kecil.

Darri mengatakan, pihaknya juga sudah mengontak pihak Guinness Book of World Record agar ambulan ini bisa dimasukkan dalam buku rekor dunia sebagai ambulan terpanjang di dunia. Namun belum ada jawaban dari pihak Guinness. (ln/aby)

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: