Asal Kata “Yahudi”

9 September 2009 pukul 2:40 PM | Ditulis dalam 1, Download, Hadist Pilihan, Nashaihul Ibad, Tarbiyah, Tokoh Islam | 1 Komentar

Ikhwan wa Alhwatifillah Rahimakumullah, banyak di antara kita yang sering menyebut kata Yahudi (Panggilan untuk Bangsa Penjajah Israel laknatullah alaihi) dan Nashoroh untuk kaum pengikut Nabi Isa As (kristen), tapi ada yang tahu apa arti dari nama nama tersebut diatas, sebagaimana kita mengetahui kata dan arti Islam yang berarti Selamat sebagai satu satunya agama yang Allah ridhoi dan membawa keselamatan bagi pengikutnya. Insya Allah Amin.

Kata Yahudi berasal dari kata Al Hawadatu yang berarti kasih sayang, atau Tawahhudu yang berarti taubat. Sebagaimana ucapan Musa AS Inna Hudnaa Ilaika “Sesungguhnya kami kembali kepada Mu” (QS. Al A’raaf 156) artinya “Kami Bertaubat”. Kemungkinan mereka disebut demikian dikarenakan taubat mereka dan kecintaan sebagian mereka kepada sebagian yang lainnya.

Dikatakan pula dinamakan Yahudi karena hubungan silsilah mereka dengan Yahuda, Putra paling tua nabi Ya’qub. Abu ‘amr bin al’-ala’ mengatakan, disebut Yahudi kerena mereka yatahawwaduuna, yaitu bergerak gerak ketika membaca Taurat. Wallahu’alam

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Semoga umat mendapat pencerahan dan ibroh dari penamaan kata YAHUDI tesebut, dan aga dapat membedakan antara Israil dan Yahudi. para ikhwah kami ajak ikut membaca enungan yang disampaikan oleh ustadz abdul baits muchtar di website pesantennya; http://www.ponpes-alburuj.com. semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: