Kiamat 2012, Menurut Pandangan Islam

16 Maret 2009 pukul 12:19 PM | Ditulis dalam 1 | 103 Komentar
Ustad Sigit Pranowo

Ustad Sigit Pranowo

Assalamu’alaikum wr wb

Pak Ustadz, akhir-akhir ini ramai orang membicarakan bahwa akan terjadi kiamat ditahun 2012, apakah ada referensi dari sudut Islam mengenai hal ini ?, Jazakumullohu khairan katsira, Budi, Budi Setiawan Djajadi
Jawaban,

Waalaikumussalam Wr Wb, Saudara Budi yang dirahmati Allah swt

Adanya ramalan bahwa dunia akan berakhir pada tanggal 21 Desember 2012 tentunya tidaklah membuat risau apalagi ketakutan didalam diri seorang mukmin yang mengimani perkara-perkara yang ghaib, yang mengimani bahwa segala sesuatu yang terjadi di alam ini adalah atas kehendak Allah swt dan apabila Dia swt tidak berkehendak maka sesuatu itu tidak akan terjadi.

Ramalan akan terjadinya kiamat tahun 2012 itu disandarkan pada penemuan beberapa ahli astrolog kuno serta para ahli astronomi modern. Diantara yang menjadi sandaran dari astrolog kuno adalah ;

1. Suku Maya.

Suku yang tinggal di teluk antara Guatemala dan Meksiko ini pada tahun 700 SM—menurut para arkeolog—dianggap memiliki kemajuan didalam perhitungan tentang waktu dan penanggalan. Suku ini memiliki keterikatan yang kuat dengan kepercayaan yang mereka yakini sehingga mereka pun memasukan waktu-waktu peribadahannya didalam pembuatan penanggalannya.

Suku Maya membuat perhitungan bahwa didalam satu tahun terdapat 18 bulan yang setiap bulannya terdiri dari 20 hari dan mereka menambahkan lagi 5 hari untuk peribadahannya sehingga setahun sama dengan 365 hari. Didalam penanggalannya itu mereka pun meramal akan terjadinya berbagai musibah, seperti kelaparan, banjir besar, perubahan iklim hingga berakhirnya bumi yang menurut penanggalan mereka jatuh pada tanggal 21 Desember 2012.

Tanggal 21 Desember 2012 bertepatan dengan tahun 5126 M yaitu tanggal berakhirnya perhitugan panjang mereka yang sudah dimulai sejak tanggal 31 Agustus 3114 SM.

2. Buku-buku ramalan Cina

Seorang penulis yang bernama Fahd Amir al Ahmadi mengatakan bahwa banyak ilmuwan yang bersepakat dengan suku Maya ini akan adanya kejadian besar pada tahun 2012. Di Asia, hal yang sama telah ditunjukkan oleh berbagai buku yang ditulis oleh para astrolog Cina bahwa keturunan Dinasti Chang—yang menguasai Cina sejak tahun 1766 SM—akan berlangsung selama 3778 M (yang bertepatan dengan tahun 2012 M)

3. Nostradamus

Di Perancis juga terdapat ramalan yang dibuat oleh seorang astrolog yang bernama Nostradamus bahwa planet-planet di angkasa akan berantakan pada akhir tahun 2000 yang akan mengakibatkan hancurnya kehidupan setelah 12 tahun.

Sementara diantara para ahli astronomi modern yang mendukung ramalan kiamat tahun 2012 ini adalah :

1. Seorang ilmuwan matematika Jepang yang bernama Haido Itakawa pada tahun 1980 mengatakan bahwa planet-planet matahari akan tersusun didalam satu garis dibelakang matahari—dan kenyataan satu-satunya ini akan mengakibatkan kejadian di angkasa raya yang luar biasa yang bisa menghentikan kehidupan yang ada diatas permukaan bumi pada Agustus 2012.

2. Perihal kiamat tahun 2012 ini juga diberitakan oleh berbagai Jurnal Ilmiah Amerika yang bersumber dari NASA pada beberapa tahun terakhir bahwa teleskop yang diletakkan oleh NASA di ruang angkasa telah menemukan sebuah planet lain yang besarnya hampir sama dengan matahari dan dinamakan Nibiru.

NASA juga memberitakan bahwa planet Nibiru ini memiliki kekuatan magnet yang sangat besar yang hampir sama dengan yang dimiliki matahari sehingga hal yang sangat membahayakan apabila planet ini mendekati orbit peredaran bumi. Dan diperkirakan bahwa planet Nibiru akan mendekati bumi dalam jarak yang memungkinkan bisa disaksikan dengan jelas oleh penduduk Asia Timur pada tahun 2009 bahkan akan memasuki orbit bumi pada tahun 2011 dan seluruh penduduk bumi akan dapat menyaksikannya sehingga ia bagaikan sebuah matahari yang lain. (http://forums.al3almi.net)

Menurut sumber lainnya disebutkan bahwa pada tahun 2012 plenet Nibiru ini akan memasuki bagian dalam dari tata surya kita sehingga menyebabkan gangguan gravitasi.
Namun demikian pendapat diatas juga mendapatkan banyak sanggahan dari para ahli arkeologi maupun astronomi, diantara pendapat mereka :

1. Terkait dengan akhir penanggalan panjang suku Maya maka ada yang mengatakan bahwa kalaulah benar tahun 5126 M yang bertepatan dengan tahun 2012 M adalah tahun berakhirnya penanggalan mereka yang diyakini pula dengan berakhirnya dunia maka bukanlah berarti bahwa dunia ini akan hancur (kiamat) dikarenakan menurut kosmologi suku Maya bahwa bumi diciptakan 5 kali dan dihancurkan 4 kali. Dengan demikian siklus kalender Maya boleh berakhir, namun siklus baru akan kembali berulang.. dan membawa hal baru bagi penghuni bumi. (http://langitselatan.com)

2. Para ahli yang mebantah teori ini mengatakan: “Ramalan2 itu benar2 tidak ada dasarnya sama sekali, apalagi di kebudayaan Maya yang kita kenal,” kata Stephen Houston, profesor antropologi di Brown University, yang adalah juga ahli tulisan hieroglif Maya. “Penggambaran bangsa maya tidak pernah menyebut2 hal ini.” katanya. Bangsa maya melihat bahwa tanggal tersebut adalah tanggal kalender mereka, tapi kemudian mengulang kalender mereka kembali tanpa adanya bencana sama sekali.

3. Sementara mengenai teori planet Nibiru, bantahan yang ada dari seorang ahli di NASA mengatakan “Kami saja sampai sekarang masih berdebat soal Pluto, tiba2 ada orang yang mengatakan adanya planet Nibiru, dari mana ini? Lucu sekali, kami sampai sekarang belum bisa menemukan planet lain, sudah ada yang menemukan planet Nibiru pula, tanpa ada konfirmasi dari mana berita itu muncul.” (http://www.kapanlagi.com)

Kiamat Menurut Pandangan Islam

Kiamat merupakan hal ghaib yang harus diimani oleh setiap muslim dan yang hanya diketahui oleh Allah swt saja seperti banyak disebutkan didalam Kitab-Nya maupun Sunnah Nabi saw, diantaranya :

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي لاَ يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلاَّ هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ لاَ تَأْتِيكُمْ إِلاَّ بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ اللّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لاَ يَعْلَمُونَ

Artinya : “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. kiamat itu Amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak Mengetahui”. (QS. Al A’raf : 187)

Ibnu Katsir mengatakan bahwa firman Allah,”Katakanlah:’Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.” Adalah perintah Allah swt kepada nabi-Nya saw apabila beliau saw ditanya tentang waktu terjadinya kiamat maka hendaklah beliau saw mengembalikan pengetahuan tentang itu kepada Allah swt. Sesungguhnya Dia lah yang menjelaskan waktu kedatangannya atau mengetahui kejelasan perkara itu dan kapan kepastian waktunya. (Tafsir Ibnu Katsir juz III hal 518)

يَسْأَلُكَ النَّاسُ عَنِ السَّاعَةِ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ اللَّهِ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ تَكُونُ قَرِيبًا

Artinya : “Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah”. dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh Jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.” (QS. Al Ahzab : 63)

Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra bahwasanya Rasulullah saw bersabda,”Kunci-kunci ghaib itu lima,’Sesungguhnya hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari kiamat, dan Dia-lah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada didalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok, dan tiada yang seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (HR. Bukhori)

Al Qurthubi menyebutkan pendapat Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa kelima kunci-kunci ghaib tersebut tidaklah ada yang mengetahuinya kecuali Allah swt. Hal itu juga tidak diketahui oleh para malaikat, para Nabi yang diutus. Maka barangsiapa yang menganggap bahwa dirinya mengetahui sesuatu tentang itu semua maka orang itu telah mengingkari Al Qur’an dikarenakan ia telah menyalahinya. (Al Jami Li Ahkamil Qur’an juz XIV hal 400)

Dan juga jawaban Rasulullah saw ketika ditanya oleh Malaikat Jibril tentang kapan terjadinya kiamat maka beliau saw besabda,”Orang yang ditanya tidak lebih mengetahui daripada yang bertanya.” (HR. Muslim) Hadits tersebut menjelaskan bahwa diri Rasulullah saw dan juga orang yang bertanya (Jibril) tidaklah mengetahui tentang waktu terjadinya kiamat.

Syeikh Yusuf al Qaradhawi pernah ditanya tentang akan hancurnya alam ini pada tahun 2012 ?! Beliau menjawab bahwa ini termasuk pembicaraan tentang sesuatu yang akan datang, menerobos tabir masa yang akan datang, menyingkap apa-apa yang mungkin terjadi pada anda besok atau lusa, dan itu semua tidaklah ada yang mengetahuinya kecuali Allah swt.

وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَّاذَا تَكْسِبُ غَدًا

Artinya : “Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok.” (QS. Luqman : 34)

Seseorang mungkin mengetahui sesuatu dengan berbagai indikatornya akan tetapi hal itu hanyalah sebatas dugaan bukanlah kepastian.

وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ

Artinya : “dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati.” (QS. Luqman : 34)

Sebagaimana diungkapkan seorang penyair :

Kami menjalani apa-apa yang telah dituliskan atas kami
Dan telah dituliskan pula atasnya untuk dia jalani
Dan barangsiapa yang telah dituliskan kematiannya di suatu tempat
Maka tidaklah dia akan mati di tempat yang lainnya.

Allah lah yang mengetahui kebenaran hakikinya bahkan terhadap berbagai penafsiran tentang alam semesta ini, perkembangan alam maupun kehidupan yang seluruhnya merupakan teori-teori, sepertihalnya teori ledakan besar, teori ini dan itu. Dan sebagaimana sebuah teori maka ada pula sebagian ilmuwan lainnya yang melakukan penyanggahan terhadapnya dengan berbagai teori lainnya dan begitulah selanjutnya.

Adapun hakekat kebenarannya didalam permasalahan ini tidaklah ada yang mengetahuinya kecuali Allah swt sebagaimana disebutkan didalam Al Qur’an. (www.qaradawi.net)

Wallahu A’lam

Ustadz Sigit Pranowo, Lc.

About these ads

103 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

  1. Setuju Ustadz… kalau menurut ana, umat Islam harus diberikan penjelasan secara jelas terkait berbagai informasi tentang tanda-tanda hari kiamat, terutama dari hadits2 Rasulullah agar kita semua segera sadar dan bertaubat akan dosa2 kita.

    Tentang kemungkinan adanya galactic wave yang akan membuat tidak berfungsi lagi semua alat elektronik apakah sesuai dengan gambaran tentang peperangan besar yang menurut berita kembali akan menggunakan pedang dan panah..??

  2. ALLAH maha pencipta alam semesta ampunilah sgala dosa2ku,berilah aku petunjuk & hidayahmu

  3. Hanya kehendak Allah SWT lah yang mengetahui tentan kiamat, tak seorang pun yang dapat mengetahui kapan itu kiamat kan tiba, Rasulullah pun hanya mengetahui tentang tanda-tanda kiamat. yang pasti kiamat itu akan ada sesuai dengan rukun iman

  4. Hanya kehendak Allah SWT lah yang mengetahui tentang kiamat, tak seorang pun yang dapat mengetahui kapan itu kiamat kan tiba, serta kiamat pasti akan terjadi karena sudah tercantum dalam rukun iman yang ke enam..qta hrs meyakini adanya hari akhir/kiamat tapi kapan akan terjadinya?wallahu’alam

  5. semua berpulang ke ke hendak allah swt….
    saya sebagai manusia hanya bisa mengimaninya saja….

  6. aku hanya percaya kepada Allah swt. dan Dia lah yang akan menentukan semua itu…
    kita sebagai umat Islam seharusnya tidak percaya begitu saja, karena kiamat itu di tangan Allah swt.

  7. aku hanya percaya kepada Allah swt. dan Dia lah yang akan menentukan semua itu…
    kita sebagai umat Islam seharusnya tidak percaya begitu saja, karena kiamat itu di tangan Allah swt.
    ingat itu..

  8. apakah smua itu benar……

    apakah ada manusia yang berani mengatakan semua itu benar….

  9. Ya ALLAH, sungguh aku menangis atas segala dosaku di dunia??? Ampun hamba dar siksa-Mu di akhirat ya ALLAH… Ampuni segala kesalahan kedua orang tuaku yang telah merawatku dengan ikhlas… Sungguh aku di dunia ini dibingungkan oleh banyak hal seperti golongan islam… Dan sungguh aku takut jika aku melakukan sesuatu yang salah di dunia ni sehngga amalku sia-sia… Dan berita ini sungguh membuat hatiku goyah dan dapat menguatkan imanku ya ALLAH… Apakah itu bukan suatu niat karena-Mu??? sungguh aku ingin menghafal Al-Qur’an. Aku juga ingin pergi ke Arab. Ya ALLAH, tolonglah aku di zaman akhir ini…:(

  10. hanya Allah yang berkuasa atas segalanya dan tahu akan semua rahsia di setiap kejadian.

  11. setuju ustadz.setuju bgt!!!
    tidak ada seorang manusia pun di dunia ini yg tahu kapan kiamat akan terjadi.bahkan seorang manusia sempurna seperti nabi MUHAMMAD S.A.W pun ketika ditanya oleh malaikat Jibril kapan kiamat terjadi, beliau menjawab hanya Allah SWT yg tahu.
    itu seorang nabi MUHAMMAD S.A.W yang jlas2 beliau manusia paling sempurna dan paling dimuliakan oleh Allah SWT.lha kita manusia yang penuh dengan dosa,apakah pantas menentukan kapan kiamat akan datang??!

  12. Assalammuallaikum Wr, Wb. terima kasih atas penjelasan Pak Ustadz, Astofirulloh al’azim memang selama ini menjadi polemik dimasyarakat umum tak dipungkiri bagi saya sendiri. Sebenarnya hari akhir/ kiamat merupakan rahasia Allah SWT. dan tidak ada satupun Makhluknya yang mengetahui selain izi-Nya.kita mahkluk yang diciptakan selalu sesat tanpa melihat dan mengkaji lagi apa2 yang ada didalam Al’Quran dan Al’Haditz sebagai tuntunanya, Astofirullah al’azim..Ya Allah..Ya Tuhanku ampunilah Dosa hamba-Mu. Subabahanallah.Wassallam.

  13. Subhanallah..apapun berita yang kita peroleh di jaman modern..boleh aja sebagai pengetahuan..kalo masalh kiamat bagi umammat islam percayalah dan yakinlah dengan apa yang terdapat di alquran….karena tidak seorangpun yang dapat memprediksi…cuma kita telah di beri tahu tanda2 hari kiamat…maka pertebalah iman…

  14. saya sangat setuju dengan apa yang dijelaskan oleh Bpk Ustadz, kiamat tidak ada seorang pun yang tahu kapan akan terjadi. yang penting kapan saja terjadinya kita harus dalam kondisi siap, iman dan islam jangan sampe lepas.

  15. Lusy setuju Dg jawaban ustad…Karena hanya tuhanlah yang menentukan kpan Kiamat itu akn dtang…Kita tak perlu takut dengan isu2 yang adea…Benahi dan bekali lah diri kita…dengan banyak beramal dan beribadah…

  16. makasii aku tadiya sukabimbang dengan pemberitaan di tv,
    tapi karang tenang bahwasayahaya allahSWT yang tau semuanya

  17. Kita sebagai umat islam harus percaya akan adanya hari kiamat(hari berakhirnya dunia)tapi hanya ALLAH .Swt yang tahu kapan hari itu akan datang…ALLAHU AKBAR…ALLAHU AKBAR…ALLAHU AKBAR…ALLAH maha besar,hanya kepadamulah aku bersimpuh..?

  18. ALLAH’U AKBAR…
    WALLAH’U ALAM…
    SMUA YG NGATUR HANYA ALLAH…
    SBELUM SEMUANYA TERJADI…
    LEBIH BAIKNYA KITA BERBUAT KEBAIKAN SEBNYAK”NA…
    WAT BEKAL D HARI AKHIR…

  19. terang2 haram percaya kepada ramalan ini..kerana semuanya berasal dari kaedah astrologi..yang hny mainan syaitan utk mereka yg kononnya boleh membaca khabar dari bintang..sungguh manusia ditipu mati2an oleh sang setan!

  20. Teu bisa coment naun2 ainx mah…Mkirin mkan z pusing pa lg mkirin kiamat yang udah dket…

  21. kiamat itu sudah dan sedang terjadi…jadi kiamat bukan sebuah konsep baru bagi kaum muslimin,….kiamat kecil adalah kematian….dan kiamat bersar adalah berakhirnya kehidupan….jadi apa yang kamu tunggu…yang pasti kiamat itu pasti datang….

    http://www.pembelajaranislami.co.cc

  22. kiamat 2012 terlalu dibesar2kan, ditambah lagi siaran tv, artikel2 tambah runyam saja nantinya pemahaman masyarakat tentang kiamat 2012. manusia sehebat apapun, sepintar apapun, sesakti apapun tidak ada yang bisa menentukan kiamat itu kapan. sudah djelaskan JELAS dalam alquran bahwa kiamat itu RAHASIA ALLAH. manusia hanya bisa berbuat baik pada alam, aklaknya lebih ditingkatkan, dekat pada maha pencipta, insyaalah bumi akan selamat dari semua bencana. kenapa kiamat 2012 rame dibicarakan? karena jaman sekarang media informasi sudah berserakan dimana2, TV, Koran, Internet sekarang jadi barang yang murah. seyogyanya media juga harus menyajikan berita secara ilmiah. bukan narasumbernya malah para peramal. kenapa narasumber tidak dari kalangan ilmuwan/agamawan. ujung2nya biar laku kali ya…dan tambah seru ceritanya….padahal itu salah sama sekali. ujung2nya menjadikan panik yang luar biasa…

  23. hanya 4JJl yang mengetahui apa apa yang terjadi dillangit dan di bbumi hamba berserah dr kepadaa.Mu ya 4Jjl

  24. Rukun iman ada 6..slh stu’a menyakini adanya hri kiamat..akan tetapi datang’a hri kiamat hanya Allah semata yg tau..mengenai isyu kiamat 2012 sebaik’a qt tdk pcy..qt ambil hikmah’a j..

  25. ASS…
    SAYA INGIN TANYA….?
    apakah anda percaya dengan kiyamat 2012,,,?jlskn…
    menurut saya…ketika qiyamat akan tiba akan ada tanda2 yg luar biasa….
    dan setiap manusia akan lupa segala’a….

    apakah kita harus percaya dengan qiyamat 2012….
    karna dari hasil penelitian yg canggih/moderen menyatakan akan terjadi kiyamat ter besar di bumi kita ini…….
    death adout world………………?

  26. untuk para ilmuan bersukurlah karna anda telah di berikan kecerdasan di luar kecerdasan manusia biasa,tapi janganlah menyebarkan sesuatu yang belum tentu terjadi! nabi muhamad saja yang menjadi teladan bagi umat manusia yang tidak pernah berdosa dan dekat dengan allah tidak diberitahu oleh allah! tidak pernah berani mangatakan kapan akan terjadi kiamat! tapi anda yang jelas-jelas adalah makhluk tuhan yang penuh dengan dosa seperti kami dengan begitu gampangnya mengatakan dan mengklaim kiamat 2012. sadarkah secara tidak langsung anda telah mendahului apa yang dikehendaki oleh sang pencipta.

  27. jika anda umat islam…! percayakah anda pada hal yang ada di atas tadi….? jika anda percaya,saya yakin anda tidak pernah buka alquran.iya tooo,,,,,? kan udah di jelaskan di qs.luqman =heheheheheheh dasar orang begoo..itu cuma akal2lan sutradara film 2012 biar laku keras di pasaran.dan ingin mengalahkan film this is it hahahahah

  28. Kita ambil hikmahnya aja dgn cara memperbanyak tobat dan beribadah..

  29. semua ni karut…bro…

  30. semua nye takdir tuhan..bukan kite yang menentu kannya….

  31. setuju ustad czx yg kiamat itu di tangan tuhan dan bukan di tangan mereka yg sok tau….. dan buat org2 yg sok tau itu harus di beri sanksi supaya tidak mmebuat cerita2 yg tidak masuk akal….

  32. jangan takut sama isu-isu yang harus kita takuti adalah allah swt….berlindunglah kepada Allah SWT…..

  33. InsyaAllah, kiamat tidak akan terjadi pada tahun 2012 sebab bila kita baca Al-Qu’an dan Hadist Shahih tidak ada yang menerangkan kapan kiamat Qubra terjadi tetapi InsyaAllah pada tahun 2014 akan muncul tanda kiamat yang menghubungkan tanda-tanda kecil kiamat dengan tanda-tanda besar kiamat yaitu : TERDENGAR SUARA DARI LANGIT YANG DAPAT DIMENGERTI OLEH SEMUA MANUSIA DI SELULUH BELAHAN DUNIA, APAPUN BANGSA DAN BAHASANYA.

  34. aku juga yakin bahwa allah yang menentukan,tapi semua hal yang terlihat bahwa setiap orang sekarang banyak mengandalkan apa yang dia pikir…ya sedikit…yang berani untuk melawan tentang hal yakin tersebut…contoh:ya banyak yang merasa bahwa apa yang dia dapat itu semua atas apa yang iya pikir/usahakan…tapi pernahkah terpikir siapa yang memberi kita dapat berfikir…hahahaaa

  35. kita itu sekarang harusnya..banyak2 beribadah…ngak usah mikirin hal itu..karena qt semua pastinya akan mati..dan kembali pada-Nya….cukup jd pedoman….bahwa Allah Maha Besar…

  36. yup!
    ga ada yang tau kapan kiamat akan trjadi kecuali Allah semata, napa harus repot-repot meramal seeh?

  37. aku sebenernya sedikit ga percaya tentang ramalan hari kiamat 2012……….???????

  38. Q ga percaya tentang ramalan hari kiamat.kan itu cuma ramalan saja jadi kita ga usah takut kita tuh seharusnya takut sama ALLAH SWT……
    ingat itu yaaaaa……….!!!!!!!!!!!

  39. as a moslem,we should believe that there is the end of life,so don’t worry,everything is gonna be alright,only GOD knows

  40. kiamat atw tidak..yg penting bagi kita adalah perbaiki terus iman,hingga datangx kiamat pun kita dalam keadaan beriman,,,truss,,bohong besar tuh org2 yg bilang kiamat 2012,,,org yang mengalami kiamat tuh khan cuma org2 yg betul2 kafir, karena saat itu gk ada lagi manusia yg beriman,,,skarang khan msh banyak tuh org yang beriman,,,,

  41. setuju bangetzzzz……… cz mank.y manusia siapa??
    mereka juga kund gak tau mereka diciptakan gimana, pastinya juga gak tau kiamat juga gak tw…..
    “sesungghuhnya hanya allah-lah yang mengetahuinya!!!! bahkan rasul pun tidak tau”

  42. semua telh d tuliskan dan ditakdirkan sebagai ktetentuan dari ALlah, So, tuk pa percaya dgan yang namanya prediksi, tu nama na ngagk percaya ama sapa ya…..
    diri sindiri kali….. :D :D

  43. ASYHADUALLA ILLA HA ILLALLAH
    WA ASYHADU ANNA MUHAMMADARRASULULLAH………..
    AKU BERSAKSI TIADA TUHAN SELAIN ALLAH
    DAN AKU BERSAKSI MUHAMMAD UTUSAN ALLAH………
    NAH!!ARTINYA,APAPUN KEADAANNYA,AKU TETAP BERPEGANG TEGUH DENGAN ALLAH
    NABI MUHAMMAD AZA G TAU KAPAN HARI KIAMAT,,
    APALAGI GUEEEEE………
    EMANG MANUSIA YANG CIPTAIN MANUSIA???
    TUHAN DONK???????

  44. ana hanya percya dengan Allah..
    Semua apa yg ada di jagad raya ini hanya Allah SWT yg tau. .
    Kta sebagai makhluknya hanya berusaha tuk dapat hidup dengan d rahmati dan d ridhoi Allah.
    amin.

  45. kita tak tahu kapan terjadinya kiamat wallahu a’lam.paar nabi ja g tahu apalagi kita yg manusia biasa

  46. semua yang terjadi dialam semesta atas kehendak allah.
    Hanya kepada allah lah kita berserah diri dan nantinya kita kembali.semua menjadi rahasia allah.tak seorang pun mengetahuinya.allahu akbar.

  47. aaa…
    janganlah macamtu tak baik sapa yang kata kiamat pada 2012…
    aku percaya kat Allah sahaja

  48. Alangkah bodohnya umat Islam kalau sampai mempercayai kbr ttg Kiamat tsb,belajar ttg Islam dunk….yg kaafah,apa lg smp dengerin ramalan mama lourent….,ke mn aqidah anda,sungguh ter la lu.

  49. adkh syirik ble kte prcye sume psl kiamat ramalan manusie nie????
    sy ttp percye ALLAH. tp sye juz musykil sume nie..

  50. Allah maha besar,,,tiada yang kekal di dunia….
    persiapkan saja dirimu,sebelum datang waktumu….

    semoga diridhoi allah SWT…amin….
    from,,hamba allah (maluku)

  51. Assalammualaikum….para sahabat islam semua.
    tiada seorang pun di antara kita yang hidup di dunia yang mengetahui bila berlakunya hari kiamat.Kita hanya berserah pada allah yang maha besar lagi maha mengetahui.Sebaiknya kita yang hidup di dunia ni perbanyakkanlah membuat amalan yang baik supaya dapat di terima oleh Allah…Allah hu akhbar Allah maha Besar lagi maha agung…amin…amin.

  52. salam. sy x berani nak bckp bnyak ttg hari kiamat..
    sepatutnya yg perlu kita fikirkan adalah cukup kah amal dan bekal untuk menemui ALLAH YG MENCIPTAKAN KITA???? sy insan yg sgt daif dan bukan golongan manusia yg taat perintahNya. 2012 bukan jawapan bg persoalan bilakah akan berlakunya hari kiamat… tp menurut agama islam ,sejak rasululah kita masih hidup jg Allah telah menyatakan bhw hari kiamat itu sudah sgt dekat. sebelum Allah turunkan hari itu ada banyak petanda2 kecil dan besar mjd petunjuk buat manusia yg percaya akan kewujudan hari itu. antaranya ialah zina yg berleluasa, perempuan mjd lelaki , lelaki mjd perempuan, penderhakaan, musibah dan malapetaka yg di turun kan,tanda dan nama Allah ada muncul d mana(haiwan dan tumbuhan) ..dan banyak lagi. Itu adalah PERINGATAN!!!!!!!. SEDAR LAH KITA BERSAMA YG aLLAH SENTIASA MENGINGATKAN KITA DAN HANYA KITA YG TAK SEDAR AKAN KASIH SAYANG ALLAH SWT. pesan buat yg suka zina,TAUBAT LAH SAUDARAKU..,kpd bapuk2 d luar sana pulang lah ke asal mula mu d ciptakan sama jg kpd yg blagak jd jantan. kalau pun bukan 2012 kiamat tjd,kita sdh tdk bnyk masa lg. siapa yg tahu kiamat bila akan berlaku.. mungkin esok lusa atau hari ini.. mari kita isi waktu yg masih ada utk mendekatkan diri dgn ALLAh SWT.. smga kita sama2 d berikan hidayahNya. amiiiiiiiinnnn……………………

  53. KNAPE AKU SUSAH NK DAPAT KEJAYAAN ATAU KESENANGAN

  54. adanya tahun 2012 itu q serahkan kepada yg MAHA KUASA[ALLAH SWT]karna ALLAH lah maha tahu.maka lo da manusia yang mengendahulukan kehendak ALLAH itu adalah MUSYRIK karena ALLAH yang maha kuasa [INNALLOHU SAIN KHODIR]

  55. Assalamualaikum, ketentuan kiamat,urusan kiamat adalah ditangan Allah swt.Kita tidak pernah diperintah untuk mencari/meramalkan bila berlakunya kiamat. Tugas seorang hamba adalah beribadat kepada Allah swt dengan memperbetulkan hubungan dengan Allah swt mengikut cara yang dikehendaki oleh Allah swt. Jadi perintah Allah kepada kita supaya kita memenuhi segala kehendak Allah dalam semua urusan samada hubungan dengan manusia/ dengan Allah swt. Janji Allah swt melalui lidah baginda Muhammad sawdalam beberapa riwayat bahawa kiamat tidak akan berlaku selagi masih ada orang yang beriman dengan sebenar-sebenar iman kepada Allah swt.

  56. Assalamualaikum, ketentuan kiamat,urusan kiamat adalah ditangan Allah swt.Kita tidak pernah diperintah untuk mencari/meramalkan bila berlakunya kiamat. Tugas seorang hamba adalah beribadat kepada Allah swt dengan memperbetulkan hubungan dengan Allah swt mengikut cara yang dikehendaki oleh Allah swt. Jadi perintah Allah kepada kita supaya kita memenuhi segala kehendak Allah dalam semua urusan samada hubungan dengan manusia/ dengan Allah swt. Janji Allah swt melalui lidah baginda Muhammad saw dalam beberapa riwayat bahawa kiamat tidak akan berlaku selagi masih ada orang yang beriman dengan sebenar-sebenar iman kepada Allah swt.Tetapi apabila sudah tidak ada orang yang beriman, Allah akan binasakan dunia ini.

  57. as………..
    pa ustaz setuju pak,kiamat itu gak ada yang tau,yg kit tau hany tanda2ny doang,manusia tu gak da yang sempurna!!!!!!!!!!! semua manusia bodoh,buktiny orang pintar terus mencari ilmu.cuma yng maha mengetahui yang tau kapan kiamat datang yaitu:ALLAH swt.

    Si nurzakiah
    beli traktor
    siapa yang menuntut dunia
    di akherat marpetor2. tapi tuntutlh duniam seakan2 u hidup selamanya. tapi!!! tuntutlh akheratmu seakan2 u mati besok. sekian wassalam…as…..

  58. Saya sangat setuju kalau hari pembalasan itu hanya Allah yang tau.dan hari pembalasan itu rahasia Allah.jadi kalau yang orang percaya bahwa hari kiamat/hari pembalasaan itu 2012 berarti ia udah berpaling dari firman Allah dalam Al-quran surat Al-a,raf 187.dan pemikiran-pemikiran seperti itu hanya pemikiran suku maya.thanks semoga kita tidak termasuk orang yang dikatagorikan suku maya, yang mana ia lebih percaya mahluk Allah dari pada yang menciptakan mahluk itu yaitu Allah.jadi sekarang kita sebagai mahluk Allah jangan memikirkan kapan hari kiamat itu tiba tetapi yang perlu kita pikirkan/kita persiapkan adalah bagaimana cara kita mempersiapkan diri untuk menghadapi hari kiamat tersebut,artinya apakah kita udah punya bekal belom kalau belum maka persiapkanlah dan kalau sudah mantatapkanlah ia.serkali lagi terima kasih, semoga kita selalu dalam perlindungan Allah,amin………….ya robbil alamin.

  59. saya sangat setuju banget ustadz bahwa kiamat itu tidak ada yang tahu kapan terjadinya selain Allah SWT.Dan alangkah harus lebih banyak lagi menjelaskan kepad umat islam tentang hari kiamat.

  60. setuju banget ustadz bahwa hari kiamat itu tidak ada yang tahu kapan terjadinya selain Allah.

  61. as salam…

    sebagai seorang islam….walaupun kita tidak boleh percaya dengan kedatangan kiamat pada 2012 kerana itu semua urusan allah….tetapi alangkah elok kita mempersiapkan diri kita semua dengan keimanan dan ketaqwaan yang menebal kepada allah.perbanyakkan amalan kita kepadanya.insyallah kita semua akan tergolong di dalam golongan yang dipelihara oleh allah…insyallah.

  62. bodoh

  63. yup, ada sisi baiknya juga kalo ditanggapi secara benar. setidaknya mengingatkan manusia bahwa kita akan mati. Manusia kan paling takut sama yang namanya kiamat.. (bukannya pada Allah swt?)

  64. Boro-boro mikirin kiamat…. 1 detik yang akan datang sj kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi

  65. saya sangat setuju dangan pendapat ustad yang mengatakan bahwa kiamat tidak ada yang tau.akan tetapi kalau melihat tanda-tandanya kiamat dah dekat sekali

  66. kiamat?????
    kita berserah diri saja
    n perbanyak ibadah
    gitu aja koq repot

  67. Assalamu’alaikum. Ustadz, ana copy artikelnya ya untuk materi tarbiyah. Syukron sebelumnya…

  68. emanq g da yg tw kpn kiamat toe dtng…………
    cma allah ajz yg tw kpn kiamat toe dtng

  69. dsar mnusia ckrng,,,,,,,,,
    sok toe kpn hri kiamat toe dtng………..

  70. ALLAHU AKBAR …
    ALLAHU AKBAR …
    ALLAHU AKBAR …

  71. gitu juga aku setuju itulah

  72. menakjubkan

  73. subhanalloh…tulisan ini benar2 membawa saya kepada kemantapan dan ketenangan hati. Doa saya buat ustadz

  74. betul.. betul.. betul.. kiamat hanya Alloh yg maha tau..

  75. kiamat tu takada ynk boleh memastikan kecuali dia bukan orng islam terserah mereka mau bilang kapan

  76. astagfirulhah

  77. allah huakbar hanya dia yank tau kapan hari kiamat itu datang asshaduallaillahailalla wasshaduanamuhammadarosulllah KATA KUNCI AGAMA ISLAM….!!

  78. kiamat itu memang menakutkan..

    tapi orang bernama nostradamus tu.. dlm komik ”dorae’mon” pun ade.

  79. biar bagaimanapu aku belum percaya kpada smuanya tentang kiamat ,,kecuali pada tuhanku allah yg maha besar,,dan alquran,serta nabiku
    dan aku pernah mendengar orang tua2 bilang sebelum kiamat,,manusia di dunia selama 41 tahun dalam keadaan mewah,,dan kaya raya,,dan binatang,,bisa bicara,,matahari terbit dari barat,,dan tiada kedengaran kumandang suara azan.

  80. kepada smua kaum islam ,,muslimin dan muslimat,,,kite jgn dok fikir bile nak kiamat ,,baik kite fikir kan keadaan kite sendiri,,,ade dosa ke tak???klo ade cpat2 bertaubat,,, klo kite dok fikir kiamat jew,,, ble nak kerje,,bile nak crik duit,,,biar jew owg2 yg kecoh citer pasal kiamat tu,,,yg penting kite hidup,sehat,bahagie,sjahtera ngan kluarga

  81. keren tuuuhh

  82. Kiamat…

    Hal kiamat kalau drp mulut manusia,,,jelas dusta,,,kalau Wahyu nah!!! itulah pimpinan kita umat islam….berpegang teguhlah pada tali Allah..yakni wahyu Ilahiah….

    Jgn diikut kaki pembohong Yahudi/Israel dan sekutu2nya….mereka tiada ugama,,,,penganas, zalim, kejam, suka melanggar janji, Musuh terbesar Allah,Rasul,Malaikat,Org mukmin dan seluruh makhluk selain mereka……Amin!!!!

  83. sangat setuju pak ustad, kalo semua teori sudah berkata dan meramalkan seperti itu, tapi kalo ALLAH SWT berkata lain, apa boleh dikata bisa iya bisa ga…jadi memang tidak ada satu pun yang bisa memastikan kiamat akan terjadi 21 Desember 2012, kecuali ALLAH SWT

  84. assalamu’alikum uztad…saya minta izin untuk ngopy artikel ini, saya pikir sangat bermanfaat untuk menyadarkan umat Islam bahwa,,semua urusan,semua yang terjadi di dunia ini atas izin ALLAH SWT.Saya mau tunjukan kepada teman2 saya biar mereka paham bahwa ketakutan mereka takkan berarti kecuali kita beriman kepada Alla dan hari akhir. Jazakumulloh khairan…

  85. Allahu’alam bi showaff…
    Yang terpenting ibadah dengan ikhlas dan sebaik-baiknya lilahi taala demuanya yang kita harapkan hanya keridhoaan allah semata..
    wallahmuwafiq illa aqwamioriq..

  86. q setuja tuh..malaikat aja tdk tau bahkan seorang Rosul nggak diberitahu..q nggak berdebat ppnjang lebar sual kasus ini wlupun ada versi bhwa hari kiamat dtng pd hari ju’at..bgaimana dgn meteor ke dpan yg akan jatuh ke bumi tunggu tgl mainnya, mnurut versi yg ada berhubungan dgn Imam Mahdi..pembahasn yg luas utk dibahas dibatasi wktu nich

  87. betul ke 2012 nak kiamat nie ……tidak pecaya la..

  88. super web page

  89. terima kasih (^_^)

  90. masalah kiamat 2012 itu hanya Allah yang tau tpi kita sebagai umat islam sebaiknya harus menyiapkan diri bayak berbuat baik & amal & jangan lupa kepadanya ( Allah )…

  91. masa bodok ama 2012

  92. Menurut saya tentang iamat 2012 itu hanya rekayasa orang saja karna kiamat yang tau hanyalah Allah semata di al Quran ditulizkan bahwa hri kiamat yang tauhanyalah Allah swt malaikat dan Nabi pun tidak tau kapan hari pembalasanitu datang ya gitudeh kta orang2

  93. assalammualaikum
    aduh,,,,,udah udah,,g ush pda ngributin KIAMAT smua
    lu pada uda siap g uda prang akhir zaman ?
    kan perang akhir zaman dateng dahulu sblum kiamat
    jd akan timbul kesengsaraan dahulu untuk umad Islam,d mna Islam akan sangat trtindas d perang akhir zaman krna kdatangan Dajjal
    tp stlah itu Islam akan trtolong dngan datangny Imam Mahdi n Isa Al Masih k dunia
    (Panjang critanya bos)
    jd gw saranin ya,yg lu lakuin skrg jngan siap2 mnyambut KIAMAT dulu,tp siap2 menyambut KERUSUHAN/PERANG AKHIR ZAMAN yg akan tiba dulu sblum kiamat

  94. Manusia yang IKHLAS takutkan Allah, menjadikan Q dan S sebagai landasan hidup, tidak ada kekhuatiran dalam menghadapi apa jua.

  95. Intinya Kita Semua Harus Betul” mempersiapkan dirikta,. . Karena Kiamat itu tidak Direncanakan kapan datangnya, , Kiamat datang dgn tiba”. .

  96. Intinya Kita Semua Harus Betul” mempersiapkan dirikta,. . Karena Kiamat itu tidak Direncanakan kapan datangnya, , Kiamat datang dgn tiba”. . .Nanda. Buton .

  97. apa benar itu???
    aku tidak percaya hanya ALLAH yang tahu…

  98. sedia.payung.sebelum.hujan…
    bukan.pada.2012.nya..
    tapi.pada.setiap.detik..yang.kita.jalani..
    maka..persiapkanlah..bekal..sebanyak.banyaknya..
    perbanyak..dan..perberatlah..amal.soleh..selama..di.dunia
    agar..timbangan..di..yaumul.hisab..kelak..kita..termasuk..
    orang..yang.layak.masuk..jannatul.firdaus…amiin..

  99. emang nya betul tahun 2012 akan terjadi kiamat

  100. saya berasa takut bila mendengar tentang hari kiamat dan kematian.bila ingat mati,hati saya sntiasa b,debar-debar.kta slu berfikir tentang kematian org lain,mcm mana situasi nya,bila tiba masanya pula utk kita.

  101. Bacalah Al Quran dan maknanya…semua ada disana ilmunya.
    Banyak banyaklah membaca Al Quran agar mendapatkan petunjuk dan hidayah selalu dari Allah SWT, amien.

  102. kiamat itu g’ bnar cuman allah yang tau kpan dtang nya kiamat besar
    sedangkan nabi aja @ummat islan di seluruh dunia g’ tau kpan terjadi nya kiamat tersebut,,,,,,klo bnar kenpa lah harus sekrang ,,,,,,,,,,,

  103. menurut saya suatu ramalan hanyalah sebuah karangan manusia yang bila hal itu terjadi hanyalah menjadi suatu kebetulan. kalau kita percaya bahwa tuhan itu ada kenapa harus takut dengan ramalan yang tidak pasti seperti itu. :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: